Pages

RSS Feed

Jumat, Agustus 07, 2009

Warning...!!! Bagi Karyawan Yang Belum Memiliki NPWP

Sekarang ini memiliki NPWP adalah kewajiban yang harus diikuti oleh seseorang yang bekerja sebagai seorang karyawan swasta ataupun pegawai negeri, terutama bagi mereka yang memiliki gaji diatas PTKP, baik swasta maupun negeri. Hal ini berkaitan erat dengan pemotongan PPh Pasal 21 yang harus dibayarkan oleh karyawan atau pegawai negeri tersebut.

Bagi Anda yang notabene sebagai seorang karyawan swasta, memiliki NPWP tentunya akan sedikit meringankan perusahaan dalam hal pemotongan PPh Pasal 21. Jika Anda memiliki NPWP maka potongan PPh Pasal 21 nya hanya dikenakan tarif standar yaitu 5% saja, tetapi jika Anda tidak memiliki NPWP maka Anda akan dikenakan tarif 20% lebih tinggi dari tarif biasa yaitu sebesar 6% dst.

Dari tarif 6% yang harus dikenakan jika Anda tidak memiliki NPWP tadi, 1% nya harus Anda bayarkan sendiri dipotong dari gaji. Sedangkan yang 5% nya tetap dipotong dan ditanggungkan oleh perusahaan Anda (jika perusahaan Anda yang membayarkan PPh Pasal 21 milik Anda). Tetapi jika PPh Pasal 21 tersebut seluruhnya dibebankan kepada Anda pribadi, maka Anda harus membayar PPh Pasal 21 tersebut sebesar 6%.

Lain lagi halnya dengan PPh Pasal 21 yang Ditanggung Pemerintah. Jika Anda termasuk karyawan swasta yang mendapat fasilitas PPh Pasal 21 yang Ditanggung Pemerintah karena perusahaan Anda termasuk kelompok usaha dengan Kategori Usaha Tertentu yang PPh Pasal 21 Ditanggung Pemerintah. Maka secara otomatis PPh Pasal 21 yang dibayar oleh perusahaan Anda akan menjadi beban Pemerintah. Atau jika PPh Pasal 21 Anda tidak dibayarkan oleh perusahaan, maka 5% PPh Ps.21 yang biasa Anda bayarkan tetap ditanggung pemerintah. Fasilitas ini berlaku bagi karyawan yang tidak memiliki NPWP ataupun yang telah memiliki NPWP.

Disini saya hanya sekedar mengingatkan saja bahwa per 1 Juli 2009 atau perlaporan SPT Masa bulan Juli 2009, ketentuan PPh Pasal 21 yang Ditanggung Pemerintah, bagi mereka yang tidak memiliki NPWP, fasilitas tersebut dihapuskan alias tidak Ditanggung Pemerintah lagi. Karena PPh Pasal 21 Ditanggung Pemerintah bagi yang tidak memiliki NPWP hanya berlaku mulai Pebruari sampai dengan Juni 2009. Oleh karena itu besarnya tarif yang digunakan jika Anda belum memiliki NPWP akan tetap dikenakan sebesar 6%. 5% Ditanggung Perusahaan Anda dan 1% nya dibayarkan oleh karyawan.

Sedangkan untuk karyawan yang telah memiliki NPWP, fasilitas Ditanggung Pemerintah masih bisa dinikmati sampai dengan Nopember atau perlaporan SPT Masa bulan Nopember 2009, dengan tarif standar yaitu 5%.

Oleh karena itu, jika Anda sebagai seorang karyawan yang memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan Anda, maka tidak salahnya Anda untuk memiliki NPWP. Dan ini hanya saran keputusan ditangan Anda. Karena saya juga seorang karyawan swasta sama seperti Anda, bukan petugas pajak lho. hehe...

Sekian...Semoga bermanfaat...!!! 7r2uqmazby

0 komentar: