Pages

RSS Feed

Sabtu, Oktober 31, 2009

Cara Membuat SPT Tahunan Orang Pribadi Pakai Form 1770SS

Dengan rentang waktu yang masih cukup lama untuk pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi, yaitu pada Akhir Maret 2010 nanti. Disini saya sengaja ingin memberikan lebih awal cara membuat SPT Tahunan Orang Pribadi atau biasa juga disebut dengan SPT PPh Ps.25 OP, dengan maksud agar Anda yang memang memerlukannya bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Karena memang diluar sana masih banyak yang tidak mengerti cara membuat SPT Tahunan Orang Pribadi, dimana secara pribadi mereka telah memiliki NPWP tetapi kewajiban SPT Tahunan OP mereka sendiri tidak tahu.

Secara pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi atau SPT PPh.25 OP itu bisa dibagi dalam dua bagian, yaitu :

1. Bagi Pegawai/Karyawan yang mempunyai penghasilan dari satu pemberi kerja dengan penghasilan bruto lebih dari Rp.60 Juta setahun. Ini Anda bisa menggunakan form 1770_S (ini akan dibahas pada tulisan berikutnya)

2. Bagi Pegawai/Karyawan yang mempunyai penghasilan dari satu pemberi kerja dengan penghasilan bruto tidak melebihi Rp.60 Juta setahun. Ini yang akan kita bahas pada tulisan ini.

Cara membuat SPT Tahunan Orang Pribadi dengan form 1770_SS, sebenarnya sangat mudah saja, karena Anda tidak diminta untuk mengisi data yang macam-macam, Anda hanya diminta untuk mengkalkulasi :

1. Jumlah seluruh harta yang Anda miliki sampai pada akhir tahun.
2. Jumlah seluruh kewajiban/utang sampai pada akhir tahun.

Kolom-kolom inilah yang harus Anda isikan pada form 1770_SS Tahun 2009 nanti, mudahkan? Jadi Anda tidak perlu membayar kepada orang lain hanya untuk mengerjakan SPT Tahunan OP Anda, karena Anda bisa membuat atau melakukannya sendiri.

Dan jika Formulir 1721-A1 atau 1721-A2 sudah Anda miliki maka harus di fotocopy terlebih dahulu dan dilampirkan pada form 1770_SS saat pelaporannya nanti.

Sebagai catatan saja agar Anda tidak salah mengerti yang dimaksud dengan Penghasilan bruto tidak melebihi Rp.60 Juta setahun itu, artinya penghasilan Anda bisa sebesar Rp.5 Juta sebulan dikalikan 12 (Anda tidak mendapat THR) atau sebesar Rp.4,5 Juta sebulan dikalikan 13 (Anda mendapatkan THR).

Untuk Formulir 1770_SS ini sudah saya buatkan dalam dua bagian yaitu :

1. Formulir 1770_SS terdapat didalamnya contoh form 1721-A1 dan form 1770SS


2. Formulir 1770_SS-DTP terdapat didalamnya contoh form 1721-A1.DTP (Ditanggung Pemerintah) dan form 1770SS


Tetapi jika Anda hanya membutuhkan form 1770_SS saja, Anda bisa mendownloadnya di
disini tersedia berbagai formulir pajak lainnya yang mungkin Anda perlukan.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

0 komentar: